Logo Bloomberg Technoz

Pada pukul 03.00 WITA, persiapan menembak dilakukan dengan kapal selam meminta izin menyelam pada kedalaman 13 meter. Selanjutnya, pada pukul 03.46 WITA, sea rider penjejak memonitor periskop dan lampu pengenal. Adapun periskop yang seharusnya tetap muncul, justru tidak terlihat di permukaan. Saat akan otorisasi penembakan Torpedo, pemanggilan terus dilakukan, namun tak ada respon.

Akhirnya, tim pencarian baru menemukan sisa kapal yang tenggelam pada Sabtu (24/4/2021). Bangkai kapal ditemukan sekitar lokasi posisi jatuh atau saat tenggelamnya pada kedalaman 838 meter. 

Pesawat Super Tucano

Dua pesawat EMB-314 Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-310 jatuh usai membentuk formasi saat menjalani latihan dari Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Dalam latihan tersebut, delapan perwira TNI Angkatan Udara (AU) menerbangkan empat pesawat latih, Kamis (16/11/2023).

Peristiwa jatuhnya dua pesawat EMB-314 Super Tucano di Pasuruan bukan kecelakaan pertama dari armada TNI Angkatan Udara tersebut. Pesawat buatan Embraer di Brasil tersebut juga pernah mengalami kecelakaan pada 2016.

Bahkan, TNI sempat membekukan sementara operasional seluruh Super Tucano usai jatuh di Jalan LA Sucipto gang XII RT 003 RW 005 Blimbing, Malang, Jawa Timur, Rabu (10/2/2016).

Pesawat Tempur Super Tucano(Dok. TNI AU)

KRI Teluk Jakarta 541 

KRI Teluk Jakarta 541 tenggelam di perairan Masalembo, dekat Pulau Kangean, Jawa Timur, pada Selasa (14/7/2020). Kapal perang yang digunakan sebagai armada pendarat pasukan TNI AL itu tenggelam akibat kebocoran yang terjadi saat hantaman gelombang laut cukup tinggi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut

KRI Rencong 622 

KRI Rencong-622 terbakar dan tenggelam di perairan Sorong, Papua Barat, sekitar 20 mil laut dari dermaga Komando Armada III TNI AL di Sorong, Selasa (11/9/2018) pagi. Seluruh personel di KRI Rencong-622 yang selamat telah dievakuasi ke Pangkalan Armada III TNI AL di Sorong.

Turbin gas mesin kapal perang buatan Korea Selatan itu sempat hidup dan kemudian mati. Pada saat diperiksa pada panel kendali turbin gas, indikator tidak menunjukkan ada kelainan fungsi. Akan tetapi pada saat dicek ke ruang turbin gas, tiba-tiba muncul api.

KRI Teluk Hading 538 

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Hading 538 terbakar saat berlayar di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (3/6/2023). Tidak ada korban.

Helikopter BEL 412 

Helikopter latih milik TNI Angkatan Darat (AD) itu terjatuh di kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat pada Minggu (28/5/2023) pukul 13.30 WIB.

Helikopter tersebut mengalami kecelakaan saat mendukung latihan Yonif 300 R/ BJW. Ia mengatakan sejumlah kru helikopter itu terluka usai kecelakaan.

Tangkapan layar video pesawat EMB 314 Super Tucano milik TNI AU yang jatuh di area Pegunungan Tengger. Kamis (16/11/2023). (Tangkapan Layar)

Pesawat Bonanza G-36 

Pesawat latih milik TNI Angkatan Laut (AL) Bonanza G-36 yang jatuh di perairan Selat Madura, Jawa Timur, Rabu (7/9/2022) menewaskan dua awak pesawat.

Keduanya yakni Pilot Lettu Laut Judistira Eka Permady dan Co-Pilot Letda Laut Dendy Kresna Bhakti. Pesawat itu mengalami kecelakaan saat konvoi KRI melaksanakan latihan antiserangan udara.

Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle

Pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) jatuh di Kecamatan Kradenan Blora, Jawa Tengah, pada Senin (18/7/2022) malam itu telah menewaskan Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi.

Setelah lepas landas, pesawat itu masih melakukan kontak sekitar satu jam kemudian. Akan tetapi, posisi pesawat tak bisa dideteksi. Selanjutnya, pilot masih melakukan kontak dengan flight director, namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak. 

Sumber: Puspen TNI, Kemhan, berbagai pemberitaan

(dov/frg)

No more pages