Logo Bloomberg Technoz

Survei Sepekan, Prabowo-Gibran Masih Sulit Menang Satu Putaran

Pramesti Regita Cindy
05 January 2024 12:30

Ilustrasi Capres Cawapres (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Capres Cawapres (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat ketiga peserta pemilu 2024 akan dilangsungkan pada Minggu (7/1/2024) di Gedung Istora Senayan, Jakarta. Sejumlah lembaga survei melaporkan hasil jajak pendapatnya terhadap elektabilitas para capres dan cawapres yang bertarung dalam Pilpres 2024.

Seperti debat pertama, pada debat ketiga akan kembali mempertemukan para capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. mereka akan beradu pemikiran serta gagasan dengan tema debat pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Isu tersebut ditambah globalisasi dan politik luar negeri. 

Berdasarkan sejumlah survei terbaru, pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran lagi-lagi unggul. Meski demikian, paslon yang kabarnya mendapat endorse Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut belum bisa memenuhi ambisinya memenangkan Pemilu 2024 hanya dalam satu putaran. Sejumlah survei mencatat elektabilitas paslon tersebut masih sulit menembus 50%. 

1. Lingkar Survei Nusantara (LSN)

Lembaga survei LSN merilis hasil siginya terhadap elektabilitas ketiga pasangan calon, Kamis (4/1/2024). Dalam hasil surveinya, menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul dan nyaris mencapai 50%, dibandingkan paslon lainnya.

Adapun Survei LSN ini dilaksanakan pada 28 Desember 2023-2 Januari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.420 orang. Metode yang digunakan ialah multistage random sampling dengan tingkat margin of error lebih kurang 2,6% di tingkat kepercayaan sebesar 95%.