Logo Bloomberg Technoz

PLN Dapat Dana Transisi Rp12 Triliun dari 4 Bank Nasional

Sultan Ibnu Affan
02 January 2024 13:25

Kantor Pusat PLN (Dok. PLN)
Kantor Pusat PLN (Dok. PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN mendapatkan dukungan pembiayaan energi hijau (green loan) hingga Rp12 triliun melalui perbankan nasional untuk menggalakkan program transisi energi.

Dukungan itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian sindikasi PLN bersama dengan PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

"Kerja sama yang baik antara PLN dengan Lembaga Keuangan Nasional menjadi bukti kesatuan dan sinergi bersama seluruh komponen di Indonesia dalam mempercepat transisi energi saat ini," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam siaran resmi, Selasa (2/1/2024).

Darmawan mengatakan dukungan tersebut juga sejalan dengan komitmen perusahaan setrum negara yang saat ini juga sedang mencanangkan berbagai langkah strategis untuk mendorong Indonesia sebagai negara hijau.

Selain dari keempat bank tersebut, PLN juga mendapatkan fasilitas pinjaman bilateral dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).