Logo Bloomberg Technoz

Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Garut dan Tasikmalaya

Redaksi
31 December 2023 14:00

Ilustrasi Peringatan Gempa (Image by Tumisu from Pixabay)
Ilustrasi Peringatan Gempa (Image by Tumisu from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5 mengguncang wilayah selatan Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Minggu (31/12/2023) pukul 11.52 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter terkini dengan magnitudo M5,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,20° LS ; 107,85° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 Km arah Barat Daya Pangandaran, Jawa Barat, pada kedalaman 50 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," ujar Daryono, Minggu (31/12/2023).