Logo Bloomberg Technoz

BMKG: Cuaca di Pelabuhan Ketapang Kondusif saat Libur Nataru

Redaksi
25 December 2023 16:45

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Istana Negara. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Istana Negara. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di wilayah Indonesia bagian selatan khatulistiwa relatif kondusif untuk penyeberangan. Situasi tersebut akan berlangsung hingga akhir tahun dan awal tahun.

Hal itu disampaikanKepala BMKG Dwikorita Karnawati saat kunjungan ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/12/2023). Kunjungan dilakukan untuk meninjau kesiapan menghadapi momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Kami pantau juga tidak ada gangguan tropis lainnya, sehingga cuaca di Laut Jawa, Selat Bali, dan Nusa Tenggara cukup kondusif. Awan-awan hujan tidak terbentuk di wilayah selatan Khatulistiwa sehingga membuat curah hujan tidak ada atau sangat berkurang," ujar Dwikorita.

Dwikorita mengatakan hal ini terjadi karena pengaruh sirkulasi siklonik di Laut Cina Selatan dan perairan Belitung. Berbeda halnya dengan wilayah Indonesia di utara garis khatulistiwa seperti Sumatera, Aceh, dan Kalimantan yang diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas ringan, sedang, hingga ekstrim.

Namun demikian, lanjut Dwikorita, BMKG tetap mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrim, meski saat ini masih dalam taraf rendah. Menurut dia, BMKG berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, operator jasa penyebrangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), TNI/Polri dan berbagai pihak terkait untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi cuaca ekstrem.