Logo Bloomberg Technoz

BMKG Prediksi Cuaca Panas Berakhir 23 Desember

Dinda Decembria
21 December 2023 13:00

Warga berjalan saat cuaca panas di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Warga berjalan saat cuaca panas di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cuaca panas melanda beberapa kawasan Indonesia di bulan Desember ini. Padahal seharusnya, Indonesia sudah masuk musim hujan.

Menurut BMKG peningkatan suhu pada siang hari yang terjadi di beberapa wilayah terutama di sekitar selatan ekuator dikarenakan beberapa hari terakhir di wilayah Jawa atau Indonesia bagian selatan tidak terdapat tutupan awan, sehingga menyebabkan sinar matahari intens atau optimum langsung ke permukaan bumi.

Lalu sampai kapan cuaca panas ini terjadi? 

"Aktivitas pola tekanan rendah di sekitar Laut Cina Selatan masih berlangsung hingga 3-4 hari ke depan dengan kecenderungan melemah sehingga berpotensi peningkatan curah hujan di wilayah Jawa-Nusa Tenggara pada 23 Desember mendatang,” ujar Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto lewat siaran pers.

Warga menyeberang jalan saat cuaca ekstrem di Jakarta, Jumat (22/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Selain Jawa-Nusa Tenggara, pertumbuhan awan hujan juga terjadi di sekitar Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi akibat pola tekanan rendah sekitar Laut Cina Selatan dan secara tidak langsung adanya pola pertemuan belokan angin di wilayah tersebut.