Logo Bloomberg Technoz

Pewaris L'Oreal, Wanita Pertama dengan Kekayaan Tembus Rp1.552 T

News
29 December 2023 06:30

Pewaris jenama L'oreal, Francoise Bettencourt Meyers. (Dok.Bloomberg)
Pewaris jenama L'oreal, Francoise Bettencourt Meyers. (Dok.Bloomberg)

Tara Patel - Bloomberg News

Bloomberg, Francoise Bettencourt Meyers menjadi wanita pertama yang mengumpulkan kekayaan di atas US$100 miliar atau setara Rp1,55 kuadriliun. Hal ini sekaligus menjadi tonggak sejarah baru bagi sang pewaris serta industri fesyen dan kosmetik Prancis.

Kekayaan Bettencourt Meyers melonjak menjadi US$100,1 miliar pada Kamis lalu, menurut Bloomberg Billionaires Index. Pencapaian ini terjadi ketika saham L'Oréal SA, kerajaan produk kecantikan yang didirikan oleh kakeknya, naik ke rekor tertinggi, dengan saham yang mencapai tahun terbaiknya sejak tahun 1998. Dia pun menjadi orang terkaya ke-12 di dunia, tepat di belakang Carlos Slim dari Meksiko. 

Meskipun mengalami kenaikan, kekayaan Bettencourt Meyers masih jauh lebih kecil daripada kekayaan rekan senegaranya dari Prancis Bernard Arnault, pendiri perusahaan penyedia barang mewah LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE, yang menduduki posisi kedua di peringkat global dengan $179 miliar. 

Dominasi ritel mewah Prancis yang terus meningkat telah melahirkan beberapa keluarga ultra-kaya lainnya, termasuk klan di balik Hermes International SCA, yang telah mengumpulkan kekayaan keluarga terbesar di Eropa, dan Wertheimer bersaudara yang memiliki Chanel.