Logo Bloomberg Technoz

Bettencourt Meyers, 70 tahun, adalah wakil ketua dewan direksi L'Oreal, sebuah perusahaan bernilai €241 miliar atau setara Rp4,16 kuadriliun yang tersebar di seluruh dunia. Dia dan keluarganya adalah pemegang saham terbesar dengan kepemilikan hampir 35%. 

Kedua putranya, Jean-Victor Meyers dan Nicolas Meyers, juga menjabat sebagai direktur. Perusahaan ini dijalankan oleh para eksekutif dari luar keluarga selama beberapa dekade. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1909 oleh kakek ahli kimia Bettencourt Meyers, Eugene Schueller, untuk memproduksi dan menjual pewarna rambut.

Bettencourt Meyers menjaga kehidupannya tetap privat, menjauhi kehidupan sosial mewah yang dicari oleh banyak orang kaya di dunia. Dia telah menulis dua buku - sebuah studi lima jilid tentang Alkitab dan silsilah dewa-dewa Yunani - dan dikenal suka bermain piano berjam-jam setiap hari. 

Rebound Saham

Sebagai anak tunggal, Bettencourt Meyers memperoleh kekayaannya setelah kematian ibunya, Liliane Bettencourt, pada 2017. Pertarungan hukum di tahun-tahun awal berkembang dari perseteruan keluarga menjadi skandal politik yang berpusat pada apakah ibunya yang sudah lanjut usia layak untuk mengelola kekayaan keluarga. 

Bulan lalu, Netflix Inc. merilis film dokumenter tiga bagian, L'Affaire Bettencourt, yang mengisahkan kisah yang melibatkan mantan presiden Prancis dan rekaman rahasia yang dibuat oleh kepala pelayan. 

L'Oréal tumbuh dengan cepat dalam satu dekade sebelum pandemi, tetapi terpukul selama krisis kesehatan ketika orang-orang yang berada dalam karantina wilayah menggunakan lebih sedikit riasan. Hal ini diikuti dengan rebound yang cepat karena konsumen membelanjakan barang-barang mewah, membuat sahamnya naik 35% tahun ini.

Saham perusahaan dapat naik 12% lagi selama tahun depan karena keragaman produk dan geografisnya menunjukkan ketahanan, menurut analis Consumer Edge Research, Brett Cooper. 

Bettencourt Meyers juga mengepalai perusahaan induk keluarganya, Téthys, yang memiliki saham L'Oréal. Suaminya, Jean-Pierre Meyers, adalah kepala eksekutif. Pada tahun 2016, keduanya mendirikan anak perusahaan Téthys Invest SAS, yang bertaruh pada bidang-bidang yang tidak bersaing dengan perusahaan. 

Dengan tujuan membuat "investasi jangka panjang langsung dalam proyek-proyek kewirausahaan," CEO Téthys Invest adalah Alexandre Benais, mantan bankir investasi Lazard Ltd. 

Téthys Invest baru-baru ini mengakuisisi saham di broker asuransi Prancis, April Group. Tahun lalu, perusahaan ini membeli merek fesyen yang sudah berusia satu dekade, Sezane, dan juga berinvestasi di operator rumah sakit swasta Prancis, Elsan. Perusahaan ini sebagian didanai oleh dividen L'Oréal.

(bbn)

No more pages