Logo Bloomberg Technoz

Ada Pemilu, Optimisme Pelaku Usaha Diprediksi Naik di Awal Tahun

Dovana Hasiana
28 December 2023 19:50

Ilustrasi industri. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi industri. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut pelaku industri kian optimistis terhadap kondisi usaha selama 6 bulan ke depan atau pada semester 1 2024. 

Pemerintah menilai momentum Pemilihan Umum (Pemilu) dan perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dapat meningkatkan permintaan produk manufaktur. 

Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif mengatakan pada Desember 2023, secara umum tingkat optimisme pelaku usaha memandang kondisi usaha selama 6 bulan ke depan meningkat menjadi 62,4%, dibanding 61,4% pada November 2023.

“Mayoritas responden yang menjawab optimis menyampaikan keyakinannya akan kondisi pasar membaik kepercayaannya karena kebijakan pemerintah pusat yang lebih baik,” ujar Febri dalam agenda Rilis Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Desember 2023 yang disiarkan secara virtual, Kamis (28/12/2023). 

Melalui momentum pemilu dan perayaan hari besar keagamaan, Febri melanjutkan, pelaku industri akan bersiap untuk menjual barang stok gudang. Apalagi, saat ini variabel persediaan produk masih kontraksi sebesar 42,21 yang menandakan terjadinya peningkatan stok produk pada industri pengolahan.