Logo Bloomberg Technoz

Bursa Eropa Dibuka Menguat, Siap Lanjut Reli Akhir Tahun

News
28 December 2023 15:23

Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)
Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)

Chiranjivi Chakraborty dan Richard Henderson - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham Eropa terlihat siap untuk memperpanjang reli yang terlihat di pasar Asia dan Wall Street. Pasalnya investor memposisikan diri mereka untuk penurunan suku bunga Federal Reserve tahun depan. Emas diperdagangkan mendekati rekor tertinggi yang dicapai pada awal bulan ini.

Kontrak berjangka yang paling aktif yang terkait dengan Indeks Euro Stoxx 600 naik 0,2% setelah indeks ekuitas Asia menguat selama empat sesi berturut-turut, kenaikan terpanjang sejak awal November. Saham-saham berjangka AS juga menunjukkan perpanjangan dari kenaikan hari Rabu di Wall Street pada hari itu.

Reli obligasi global menyebar ke Asia dengan utang negara di Australia dan Selandia Baru naik setelah imbal hasil Treasury bertenor lima hingga 30 tahun turun setidaknya 10 basis poin pada Rabu, dan imbal hasil Jerman bertenor 10 tahun turun ke level terendah baru tahun 2023. Kenaikan ini mendorong satu ukuran global pasar obligasi ke puncak reli dua bulan terbaik dalam catatan.

Ekspektasi pelonggaran kebijakan yang agresif semakin meningkat, kata Vishnu Varathan, kepala ekonomi dan strategi di Mizuho Bank Ltd di Singapura.