Logo Bloomberg Technoz

NYT Tuntut Microsoft dan OpenAI atas Pelanggaran Hak Cipta

News
28 December 2023 17:10

Gedung New York Times. (Dok: Bloomberg)
Gedung New York Times. (Dok: Bloomberg)

Mark Bergen - Bloomberg News

Bloomberg, New York Times Co menggugat Microsoft Corp dan OpenAI Inc karena menggunakan kontennya untuk membantu mengembangkan layanan kecerdasan buatan (artificial intelligence), sebagai pertanda hubungan yang semakin erat antara media dan teknologi yang dapat menjungkirbalikkan industri berita.

Menurut gugatan yang diajukan di New York pada Rabu, perusahaan-perusahaan teknologi tersebut mengandalkan jutaan artikel yang memiliki hak cipta untuk melatih chatbot seperti ChatGPT milik OpenAI dan fitur-fitur AI lainnya, yang diduga menyebabkan miliaran dolar dalam bentuk kerugian hukum dan kerugian aktual. The Times tidak merinci tuntutan moneternya.

OpenAI telah menghadapi kritik karena mengambil teks secara luas dari web untuk melatih chatbot-nya yang populer sejak debutnya setahun yang lalu. Meskipun telah digugat oleh penulis terkemuka, ini adalah tantangan pertama terhadap praktiknya oleh organisasi media besar.

Teknologi chatbot ChatGPT Milik OpenAI. (Dok Bloomberg)

Perusahaan rintisan ini telah mencari kesepakatan lisensi dengan para penerbit, seperti yang dilakukan oleh Google milik Alphabet Inc dan Facebook milik Meta Platforms Inc dalam beberapa tahun terakhir. Gugatan The Times mengatakan bahwa penerbit tersebut telah menghubungi Microsoft dan OpenAI pada April dan tidak dapat mencapai solusi yang memuaskan.