Logo Bloomberg Technoz

Insiden Smelter ITSS: Ratusan Pekerja Protes, Ajukan 23 Tuntutan

Wike Dita Herlinda
27 December 2023 16:45

Aktivitas karyawan kembali berangsur normal pascakecelakaan kerja di pabrik ferrosilikon PT ITSS yang berada di kawasan IMIP. (Dok. PT IMIP)
Aktivitas karyawan kembali berangsur normal pascakecelakaan kerja di pabrik ferrosilikon PT ITSS yang berada di kawasan IMIP. (Dok. PT IMIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pascainsiden ledakan tungku smelter  PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), ratusan pekerja dilaporkan melakukan protes pada Rabu (27/12/2023) terkait dengan kondisi pabrik pengolahan yang didanai oleh korporasi China.

Sekadar catatan, insiden tersebut terjadi di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Sulawesi Tengah, Minggu (24/12/2023) pagi. Sejauh ini, dilaporkan sebanyak 19 korban meninggal dunia dan sekitar 30 korban luka dirawat intensi di rumah sakit dan klinik setempat.

Menurut berbagai sumber, para pengunjuk rasa mengajukan 23 tuntutan kepada manajemen IMIP,  berdasarkan surat yang dikirim ke polisi oleh serikat yang mewakili para pekerja.

Tuntutan yang diajukan antara lain agar pabrik peleburan dipelihara dengan lebih baik, klinik kesehatan ditingkatkan untuk menghadapi keadaan darurat, dan pekerja China diharuskan belajar bahasa Indonesia.

“Tidak ada produksi yang bernilai nyawa!” pengunjuk rasa berteriak melalui pengeras suara, seperti yang ditunjukkan dalam rekaman video demonstrasi, dilaporkan oleh The Strait Times.