Logo Bloomberg Technoz

BI Rilis Rupiah Digital Tahun Depan, Kini Minta Saran Masyarakat

Redaksi
27 December 2023 13:50

Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu pusat penukaran uang di Jakarta, Rabu (11/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu pusat penukaran uang di Jakarta, Rabu (11/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) makin serius menggarap konsep pengembangan rupiah digital untuk diimplementasikan tahun depan. 

Untuk merealisasikan rencana tersebut, bank sentral kini meluncurkan Laporan Konsultasi Publik yang merupakan kumpulan dari semua masukan masyarakat atas konsep pengembangan rupiah digital yang tertuang dalam Consultative Paper  Rupiah Digital Tahap I.

BI menyampaikan apresiasi atas pandangan masyarakat yang telah diterima dalam periode penerimaan masukan yang dibuka pada 31 Januari - 15 Juli 2023. Terdapat sebanyak 42 komentar serta masukan yang bersumber dari perbankan dan institusi non keuangan, asosiasi, kementerian/lembaga, akademisi, serta masyarakat umum.

Laporan Konsultasi Publik ini merupakan bagian penting dari inisiatif Proyek Garuda sebagai proyek yang memayungi eksplorasi rupiah digital. Penerbitan laporan merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas BI dalam pengembangan desain rupiah digital.

Pasca mendapatkan masukan dari publik, pengembangan rupiah digital ini akan memasuki sejumlah tahap berikutnya, yaitu; 1. Eksperimentasi Teknologi (proof of concept); 2. Prototyping; 3. Piloting/sandboxing; 4. Tinjauan atas stance kebijakan, sebagaimana yang telah dirancang pada high level design White Paper Rupiah Digital.