Logo Bloomberg Technoz

Prancis Berbalik Kecam Israel, Desak Gencatan Senjata di Gaza

Redaksi
27 December 2023 13:10

Seorang anak korban serangan Israel tiba di rumah sakit medis Nasser di Khan, Younis, Gaza selatan, Senin (4/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Seorang anak korban serangan Israel tiba di rumah sakit medis Nasser di Khan, Younis, Gaza selatan, Senin (4/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prancis mendesak Israel untuk melakukan gencatan senjata segera di Jalur Gaza menyusul agresi militer yang tiada henti. 

Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan "sangat prihatin" setelah mendengar pengumuman Israel bahwa mereka akan semakin mengintensifkan dan memperpanjang pertempuran melawan Hamas di Gaza.

"Prancis dengan tegas menyerukan [kepada Israel] untuk segera melakukan jeda perang yang mengarah pada gencatan senjata," demikian bunyi pernyataan dari kementerian pada Selasa, dikutip dari Al Jazeera.

Pemerintah Prancis juga mengutuk "pengeboman sistematis yang kembali menyebabkan banyak korban sipil dalam beberapa hari terakhir."

Anak Palestina berduka atas korban tewas serangan udara Israel di Rumah Sakit Medis Nasser, Gaza, Senin (11/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Pernyataan terbaru dalam kementerian luar negeri Prancis menandakan pandangan negara tersebut yang telah berubah terkait konflik ini, setelah di awal-awal perang membela agresi militer Israel ke Gaza sebagai bentuk pertahanan diri.