Logo Bloomberg Technoz

Natal 2023, Paus Fransiskus Buka Dubes Kepausan di Vietnam

News
25 December 2023 16:15

Paus Fransiskus (Sumber: Bloomberg)
Paus Fransiskus (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News,

Paus Fransiskus menunjuk perwakilan kepausan pertama di Vietnam, menandai sebuah langkah signifikan meredakan ketegangan antara Vatikan dan negara komunis tersebut. Perwakilan diresmikan saat perayaan Natal bagi seluruh umat Kristiani dunia.

Vietnam diketahui menjadi negara di Asia Tenggara yang memiliki komunitas Katolik yang terus berkembang. Tahta Suci menunjuk Uskup Agung Marek Zalewski sebagai duta besar kepausan untuk Vietnam, menurut Vatican News. 

Dikutip dari Bloomberg News, Zalewski bermarkas di Singapura sebagai perwakilan non-residen di Vietnam sejak 2018 dan diizinkan melakukan perjalanan kerja dengan persetujuan pemerintah, kata pemerintah Vietnam dalam sebuah pernyataan.

Perubahan status uskup agung Polandia berusia 60 tahun itu disepakati ketika Presiden Vo Van Thuong berkunjung ke Vatikan awal tahun ini. Langkah tersebut, yang diumumkan pada Malam Natal oleh pemerintah Vietnam, masih belum mencapai hubungan diplomatik penuh meskipun kedua belah pihak telah membahas pembaruan hubungan tersebut sejak tahun 1990an.