Logo Bloomberg Technoz

KPU Evaluasi Debat Capres Pertama, Muncullah Ide Podium

Pramesti Regita Cindy
21 December 2023 20:20

Debat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Debat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan bahwa telah mengevaluasi debat pertama yang dilakukan oleh calon presiden (capres) di gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) lalu. 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan bahwa evaluasi dilakukan dua hari pascadebat yakni di tanggal 14 Desember 2023. Evaluasi yang dilaksanakan ini melibatkan timn sukses (timses) pasangan calon dan juga dengan media penyelenggaraan debat. 

"Di antaranya adalah misalkan untuk mengendalikan atau menjaga ketertiban bersama, disepakati masing-masing tim pasangan calon kemudian ada LO (Liaison officer- pendamping) di arena debat supaya kemudian menjadi pengendali suasana di masing-masing pasangan calon," kata Hasyim dalam paparannya di Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023). 

Tidak hanya itu, masing-masing tim paslon kata dia juga sepakat adanya penambahan podium dan alat bantu terhitung sejak debat kedua hingga debat terakhir nanti. Diketahui pada debat perdana, para capres berdiri di bagian tengah seperti arena terbuka tanpa podium yang bisa menjadi tempat catatan.

"Mulai debat kedua hingga terakhir disiapkan podium. Dan diperbolehkan untuk alat tulis dan kertas. Jadi alat bantu yang diperbolehkan hanya pulpen dan kertas," jelasnya.