Logo Bloomberg Technoz

Tol Laut Diklaim Turunkan Harga Pangan 30% di Indonesia Timur

Dovana Hasiana
20 December 2023 17:30

Tol Laut. (Dok.Pelni)
Tol Laut. (Dok.Pelni)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antoni Arif Priadi mengklaim tol laut efektif menurunkan harga bahan pokok rata-rata 30% di Indonesia Timur. Dia mendasarkan pernyataan ini dari data Kementerian Perdagangan pada Januari 2023.

Menurutnya, penurunan harga bahan pokok di Indonesia Timur ini lebih tinggi ketimbang rata-rata penurunan harga di Indonesia Barat yang baru sebesar 15-20%.

“Jadi secara data disparitas harga yang disiapkan Kemendag, terjadi penurunan disparitas harga. Data Januari 2023 itu menyampaikan bahwa rata-rata terjadi penurunan harga barang pokok di Indonesia timur yang lebih besar dari Indonesia barat. Kira-kira 30% rata-ratanya. Kalau di Indonesia bagian barat 15-20%,” ujar Antoni dalam agenda Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT), di Kantor Kemenhub, Rabu (20/12/2023).

Antoni mengatakan, tol laut menjadi tugas dari beberapa kementerian sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang dari dan ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan.

Tol Laut. (Dok.Pelni)

Dalam hal ini, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) berperan sebagai pemimpin dari gugus tugas yang terdiri dari Kemenhub, Kemendag, Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP).