Logo Bloomberg Technoz

Shopee Ekspor 50.000 Produk UMKM Setiap Harinya


Ist
Ist

Jakarta - Laporan terbaru dari Google, Temasek, dan Bain & Company menyebutkan nilai transaksi bruto (GMV) e-commerce di Indonesia ditaksir akan mencapai angka US$62 miliar pada tahun 2023 atau 75,6% dari total GMV dari sektor ekonomi digital nasional.

Capaian luar biasa ini tentunya tidak terlepas dari peranan e-commerce yang turut memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan UMKM lokal dan ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satu pemain e-commerce yang terus berinvestasi pada perkembangan UMKM lokal adalah Shopee.

Berdasarkan data kilas balik Shopee di tahun 2023, Shopee menorehkan prestasi apik dalam membantu mendorong bisnis UMKM. Tidak hanya berjaya di dalam negeri, Shopee juga turut setia menemani para pelaku UMKM menembus pasar global.

Shopee di 2023: terus buka jalan UMKM lokal ke pasar global
Hingga tahun 2023, kontribusi ekspor dari sektor UMKM terhadap nilai ekspor nasional masih berada di 15,7%. Angka ini masih terpaut jauh dari kontribusi ekspor produk UMKM Singapura yang sudah mencapai 41% dan Thailand yang berada di angka 29%. Pemerintah menargetkan kontribusi ekspor UMKM naik hingga 17% di tahun 2024 mendatang.

Namun salah satu kendala ‘mandeknya’ kontribusi ekspor dari sisi UMKM adalah birokrasi yang panjang. Shopee menjadi pelopor dalam sektor e-commerce yang berusaha menjembatani celah ini dengan memberikan kesempatan pada UMKM lokal untuk ekspor dengan kemudahan melalui platformnya.