Logo Bloomberg Technoz

Malaysia Larang Kapal Israel Berlabuh di Perairannya

News
20 December 2023 16:50

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. (Sumber: Bloomberg)
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. (Sumber: Bloomberg)

Anisah Shukry - Bloomberg Technoz

Bloomberg, Malaysia mengatakan akan memblokir ZIM Integrated Shipping Services yang berbasis di Israel untuk berlabuh di salah satu pelabuhan di negara Asia Tenggara itu. Ini merupakan langkah yang sebagian besar bersifat simbolis yang menandakan meningkatnya rasa frustrasi atas perang di Gaza.

Negara ini juga melarang kapal-kapal yang membawa bendera Israel, dan akan mencegah kapal-kapal yang ditujukan ke Israel untuk memuat kargo di pelabuhan-pelabuhannya. Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu. Larangan tersebut berlaku segera.

"Sanksi ini merupakan tanggapan atas tindakan Israel yang mengabaikan prinsip-prinsip dasar kemanusiaan dan melanggar hukum internasional melalui pembantaian dan kekejaman yang terus berlanjut terhadap warga Palestina," kata Anwar.

Malaysia adalah salah satu pendukung paling vokal bagi Palestina di tengah-tengah perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, yang merupakan kelompok teroris yang ditetapkan oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.