Logo Bloomberg Technoz

Skema Pengamanan Natal dan Tahun Baru yang Disiapkan Polda Metro

Dinda Decembria
20 December 2023 12:30

Suasana mal di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)
Suasana mal di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Polda Metro Jaya telah menyiapkan 4.041 personel dalam Operasi Lilin Jaya 2023  dari  gabungan aparat, pemerintah, Polri dan TNI untuk mengamankan momen dan acara perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Sementara Operasi Lilin Jaya 2023 secara serentak seluruh polda nasional dilaksanakan pada 22 Desember 2023.

Jumlah personel itu akan mengawal pergerakan masyarakat dari Jakarta ke luar daerah dengan berbagai moda transportasi baik udara, laut hingga darat. 
 
"Personel yang diturunkan 4.041 personel gabungan terdiri dari aparat pemerintah, Polri dan TNI. Kita sama-sama tahu ini menjadi ritual tahunan masyarakat Nasrani untuk merayakan dan ini di kota perantauan banyak sekali merayakan di luar daerah. Sehingga pergerakan masyarakat di Jakarta ke daerah cukup signifikan baik menggunakan moda transportasi udara, laut, darat pun terbagi kendaraan pribadi maupun sepeda motor," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Karyoto juga mengatakan pengamanan libur panjang ini akan dilakukan secara situasional. Seperti biasa kebijakannya contraflow di jalan tol jika terjadi kepadatan. 

"Pengamanan lalu lintas pada libur panjang ini akan dilakukan secara situasional. Misalnya, dengan mengeluarkan kebijakan contraflow di jalan tol. Kerawanan paling kemacetan, kalau sudah mulai padat nanti ada bottleneck kita upayakan untuk bisa lancar. Libur Nataru enggak sebanyak libur Lebaran dan pengaturannya lebih smooth (halus). Kalau luapan luar biasa baru ada rencana skema pengalihan," lanjut Karyoto.