Logo Bloomberg Technoz

Banjir di Destinasi Wisata Australia Ancam Keselamatan Jiwa

News
18 December 2023 09:40

Kendaraan terjebak banjir saat hujan lebat di Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)
Kendaraan terjebak banjir saat hujan lebat di Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)

Keira Wright - Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah kawasan pariwisata utama di ujung utara Australia mengalami banjir usai berhari-hari diguyur hujan lebat dampak dari badai tropis. Bencana ini mengancam jiwa pengunjung dan penduduk setempat.

Peringatan banjir besar dan angin kencang telah dikeluarkan di beberapa daerah di negara bagian Queensland oleh Biro Meteorologi, dengan ketinggian air sungai mencapai lebih dari 10 meter (33 kaki) di beberapa daerah.  

Wali Kota Terry Copeland mengatakan pada Senin (18/12/2023) pagi bahwa air minum diperkirakan akan habis di Cairns dalam hitungan jam, dan mendesak orang-orang untuk menghemat. Bandara kota berpenduduk sekitar 170.000 orang, yang merupakan tujuan wisata utama yang menjadi pintu masuk ke Great Barrier Reef, telah ditutup sejak Minggu. Beberapa pesawat tenggelam di bawah air.

Kylie Hanslow, CEO Wujal Wujal Aboriginal Shire Council berkata kepada Australian Broadcasting Corp Senin pagi bahwa ada sembilan orang--termasuk seorang anak yang sedang sakit--terdampar di atap sebuah klinik di sebuah komunitas Aborigin, di mana buaya berputar-putar di air banjir di bawahnya.