Logo Bloomberg Technoz

"Saya pikir mereka akan kedinginan, dan mereka akan basah," katanya. "Ini akan menjadi malam yang sangat panjang bagi mereka."  

Menteri Pertanian Australia Murray Watt di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengatakan, 150 personel layanan darurat ditambah peralatan diangkut ke Cairns, dan dukungan helikopter darurat serta personel akan mengevakuasi penduduk yang terisolasi.

Dampak Miliaran Dolar

Menurut data biro, Bandara menerima lebih dari 300 milimeter (11,8 inci) dalam waktu sekitar 24 jam hingga Senin pagi, sementara daerah lain menerima dua kali lipat dari jumlah tersebut.

"Orang-orang stres, khawatir dan mereka tidak ingin melihat air lagi, tetapi kabarnya air tidak akan hilang sampai besok," kata Copeland di ABC. "Ini adalah perlombaan melawan waktu."

Bendahara Queensland Cameron Dick mengatakan kepada ABC pada Senin bahwa banjir akan mengalami "dampak miliaran dolar" karena dampaknya pada sektor properti dan ekonomi secara umum.

Banjir ini terjadi setelah Topan Tropis Jasper diturunkan kekuatannya akhir pekan lalu setelah membawa angin yang merusak dan hujan lebat ke wilayah tersebut. Topan ini pertama kali mendarat di pantai Australia pada Rabu sebagai sistem kategori 2.

Australia sedang menghadapi peningkatan jumlah kejadian cuaca ekstrem dari kebakaran hutan hingga badai, peristiwa cuaca El Nino diperkirakan akan memperburuk kondisi panas dan kering di sebagian besar wilayah negara ini. Musim angin topan di negara ini biasanya berlangsung dari November hingga April.

(bbn)

No more pages