Logo Bloomberg Technoz

Putusan The Fed Dianggap Untungkan Biden untuk Pemilu

News
18 December 2023 08:50

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Rich Miller - Bloomberg News

Bloomberg, Perubahan arah Gubernur Federal Reserve/Bank Sentral (The Fed) Jerome Powell terkait pemotongan suku bunga menjadi kebahagiaan sendiri bagi Gedung Putih. Di mana prospek soft landing ekonomi yang membaik menjadi berkah sendiri bagi Presiden AS, Joe Biden untuk kembali menang dalam pemilihan nanti.

Biden telah melihat angka-angka jajak pendapatnya menurun karena kekhawatiran pemilih atas lonjakan biaya hidup, dan dia akan menghadapi tantangan yang lebih besar untuk memenangkan pemilhan pada bulan November jika AS tergelincir ke dalam resesi. 

Tim pemenangannya terus mempromosikan kekuatan ekonomi — termasuk tingkat pengangguran rendah, tekanan harga yang mereda, dan pertumbuhan yang kokoh — penurunan suku bunga akan memperkuat argumennya kepada pemilih. 

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Namun, ada kendala yang dihadapi bank sentral AS. Manuver yang mengejutkan dari Powell berisiko memicu kecurigaan bahwa dia dengan sengaja mencoba memberikan dukungan kepada Biden dalam pemilihan yang akan berhadapan dengan Donald Trump. Gubernur Fed mengatakan pada 13 Desember bahwa Fed tidak mempertimbangkan politik dalam membuat kebijakan.