Logo Bloomberg Technoz

Kesepakatan COP28 Tandai Peran Gas dalam Transisi Energi Bersih

News
13 December 2023 21:20

Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)
Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)

Stephen Stapczynski - Bloomberg News

Bloomberg, Pembicaraan iklim COP28 di Dubai berakhir dengan anggukan bahwa bahan bakar rendah karbon seperti gas alam akan berperan dalam peralihan ke sumber energi yang lebih bersih.

Teks akhir dari pertemuan tersebut mengakui bahwa bahan bakar seperti itu "dapat berperan dalam memfasilitasi transisi energi sambil memastikan keamanan energi." Para produsen telah lama berargumen bahwa gas harus melengkapi peluncuran energi terbarukan yang bersifat intermiten, menggantikan bahan bakar fosil yang lebih kotor seperti batu bara dan minyak.

Usulan ini menambah perdebatan sengit tentang peran gas dalam peralihan ke energi bersih. Para pemasok utama termasuk Shell Plc dan Woodside Energy Group Ltd bersikeras bahwa bahan bakar ini memiliki peran jangka panjang yang aman, dan mendorong lebih banyak investasi di proyek-proyek baru.

Sementara Badan Energi Internasional memperkirakan bahwa permintaan akan mencapai puncaknya pada dekade ini. Para pemerhati lingkungan berpendapat bahwa perluasan produksi gas mengancam target nol karbon pada tahun 2050.