Logo Bloomberg Technoz

ESDM Buka Peluang Pertalite Turun Harga, Ini Syaratnya

Sultan Ibnu Affan
13 December 2023 19:20

Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian
Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka peluang penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite maupun Solar, selaras dengan minyak dunia yang terus tergelincir.

Hanya saja, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, penurunan itu hanya bisa terjadi jika harga minyak minyak global benar-benar menyentuh level US$60/barel.

"Kalau harga minyak di US$60-an, kita lihat lagi. Sekarang sudah lumayan tajam turunnya, jadi kayaknya tergantung demand," ujar saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Meski demikian, Tutuka belum bisa memastikan penurunan itu bakal terjadi dalam waktu dekat ini lantaran kini harga minyak global masih stabil di atas US$70-an/barel. Saat ini, Pertalite dibanderol Rp10.000/liter, sedangkan Solar Rp6.800/liter.

Permintaan minyak China yang diprediksi melambat tahun depan pun, lanjutnya, dapat membuka peluang penurunan harga BBM subsidi dalam negeri.