Logo Bloomberg Technoz

Soal Rencana Merger dengan WIKA, PTPP Tunggu Kementerian BUMN

Mis Fransiska Dewi
13 December 2023 18:40

Salah satu proyek jalan tol PTPP. (Dok ptpp.co.id)
Salah satu proyek jalan tol PTPP. (Dok ptpp.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) Novel Arsyad angkat suara terkait rencana merger PTPP dengan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). 

“Merger masih sepenuhnya ada di kementerian BUMN terkait dengan pendalaman pembahasan tersebut. Kami sebetulnya menunggu dari kementerian BUMN,” kata Novel usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (PTPP) RUPSLB, Rabu (13/12/2023). 

Rencana merger, termasuk PTPP dengan WIKA, awalnya disuarakan oleh Kementerian BUMN mengingat banyaknya perusahaan negara di sektor ini yang kurang efisien.

Menteri BUMN Erick Thohir pada Mei lalu menyatakan BUMN sektor infrastruktur akan dilakukan konsolidasi. Adapun prosesnya akan dibagi menjadi dua segmen, yakni perusahaan BUMN karya dengan skala kecil diserahkan kepada PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) dan Danareksa untuk dilakukan merger.

Erick juga menyebut jumlah BUMN idealnya dikurangi dari posisi saat ini berjumlah sembilan. "Kami tetap melakukan konsolidasi sesuai blue print dua tahun lalu. Sebaiknya dari sembilan jadi empat saja," ujar dia.