Logo Bloomberg Technoz

Ini Plus Minus Anies, Prabowo dan Ganjar Saat Debat Capres

Pramesti Regita Cindy
13 December 2023 15:20

Capres berfoto usai debat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres berfoto usai debat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat calon presiden perdana sudah diadakan pada Selasa (12/12/2023). Pada debat capres perdana, yang tampil dan berbicara sepenuhnya adalah para capres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Dari penampilan mereka membeberkan visi misi, program hingga pertanyaan dan tanggapan, pakar memberikan penilaian.

Nilai plus bagi Anies lantaran capres tersebut dianggap konsisten dengan ide perubahan. Dia juga disebut tampaknya sudah merencanakan materinya dengan terfokus. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan Anies. Tetapi juga terlalu rapinya Anies membuat penampilannya dianggap kurang spontan dan cenderung mengedepankan retorika.

"Ketidaksempurnaan kadang bisa menjadi daya tarik karena membuat seorang pembicara menjadi lebih manusiawi," kata pakar Komunikasi Politik yang juga dosen di  Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina Wahyutama pada saat dihubungi jarak jauh, Rabu (13/12/2023).

Dari key message, Anies konsisten mengusung pesan perubahan. Argumentasi yang disampaikan adalah isu penegakan hukum yang adil dan tidak memihak, kebebasan berpendapat, dan kebijakan terkait IKN yang perlu dievaluasi karena prosesnya yang bermasalah.

"Secara positioning, key message ini tepat dengan posisi sebagai kandidat penantang dan pengusung tema perubahan. Strategi pesan dari kandidat Anies tampak bertujuan untuk memperbesar ketidakpuasan publik terhadap kondisi pemerintahan saat ini, sehingga menginginkan perubahan kepemimpinan," kata dia lagi.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat debat perdana di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)