Logo Bloomberg Technoz

Sinyal 5G Mungkin Belum Ada Saat HUT RI 2024 di IKN

Dovana Hasiana
09 November 2023 21:10

Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan sinyal 5G kemungkinan belum akan rampung di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada saat upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 yang rencananya digelar di sana.

“[17 Agustus 2024] cuma upacara doang ya, jangan yang lain-lain dulu. Kalau infrastrukturnya sudah ada, [tapi] belum ada orangnya gimana?,” ujar Budi saat ditemui di sela-sela kegiatan Digital Creative Leadership Forum, di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023). 

Ketersedian sinyal 5G di IKN, kata Budi, akan dilakukan paralel seiring dengan pembangunan infrastruktur. Budi mengatakan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah melakukan investasi untuk membangun infrastruktur digital di IKN. Budi tidak menjelaskan perihal waktu pasti ketersediaan sinyal 5G di IKN.

“Kalau IKN harus 5G. Sudah dicanangkan smart city, masa smart cuma 50 MBPS. Jadi nggak smart, dia harus 5G nanti semuanya mulai pemerintahannya, sekolahnya, rumah sakit, telemedicine, terus transportasinya, semua yang ada di kota itu dia harus semuanya didukung oleh kecepatan bandwidth yang memadai,” ujar Budi. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan akan melakukan percepatan untuk mendukung ketersediaan sinyal 5G. Hal ini diperlukan untuk mendukung aspek-aspek yang sebelumnya telah disebutkan Menkominfo Budi.