Logo Bloomberg Technoz

"Mereka telah menghancurkan hidup kita," kata Milei kepada massa besar yang menunggunya di luar kongres. "Tidak ada uang."

Dia mengulangi janjinya untuk memangkas pengeluaran dengan cepat. Milei mengatakan, "tidak ada alternatif lain, dan waktu tidak banyak." Dia menambahkan, perekonomian akan memburuk dalam jangka pendek sebelum akhirnya membaik.

Presiden Amerika Latin dari Uruguay, Paraguay, Chili, dan Ekuador menghadiri upacara tersebut, bersama dengan pemimpin Eropa termasuk Viktor Orban dari Hongaria dan Volodymyr Zelenskiy dari Ukraina. Luiz Inacio Lula da Silva dari Brasil tidak hadir pada pelantikannya, diwakili oleh menteri luar negerinya.

Selama kampanye, usulan radikal Milei untuk mengendalikan inflasi — seperti mengenalkan dolar sebagai alternatif untuk peso dan menutup bank sentral — mendapat tanggapan dari warga Argentina yang marah terhadap lonjakan harga konsumen lebih dari 140% setiap tahun. 

Namun, ketika beralih ke pragmatisme, Milei tampaknya mengesampingkan rencana-rencana yang sulit diimplementasikan dan memprioritaskan program klasik penyesuaian fiskal.

Langkah-langkah pertamanya akan diumumkan dalam konferensi pers pada hari Senin pagi, menurut juru bicara.

Tanda-tanda pragmatisme Milei terlihat jelas pada pemilihan kabinet pertamanya, yang menyenangkan investor dan memicu reli obligasi dolar dan saham Argentina.

Dia menunjuk Patricia Bullrich, mantan rivalnya yang bergabung dengannya setelah dikalahkan dalam putaran pertama pemilihan presiden, sebagai menteri keamanan. Dan dia menyerahkan jabatan menteri ekonomi yang krusial kepada Luis Caputo, mantan kepala keuangan dan presiden bank sentral yang juga bernegosiasi dengan investor utang dan Dana Moneter Internasional (IMF) selama pemerintahan Mauricio Macri.

Caputo kemudian menunjuk rekan lamanya Santiago Bausili, seorang veteran Deutsche Bank dan JPMorgan Chase & Co, untuk memimpin bank sentral Argentina.

Tantangan Berat di Depan

Milei juga memerlukan keterampilan politik yang tajam untuk menghadapi periode inflasi yang tinggi dan relatif panjang. Ditambah lagi dengan stagnasi ekonomi yang diperburuk oleh langkah-langkah penghematannya sendiri. Milei memperingatkan stagflasi kemungkinan akan berlangsung selama lebih dari satu tahun di Argentina pada warganya, yang tingkat toleransi terhadap kesulitan ekonomi mungkin akan segera habis setelah kebijakannya selama bertahun-tahun untuk stabilisasi gagal.

Selain itu, Milei harus membangun basis dukungan di kongres yang terpecah belah, di mana para legislator dalam beberapa tahun terakhir menolak kesepakatan IMF dan rancangan anggaran yang diajukan oleh presiden dari partai mereka sendiri. Pergeserannya ke pragmatisme dipandang sebagai upaya untuk membangun jembatan di kongres guna memenangkan dukungan untuk agenda reformasinya.

Tantangan lain bagi presiden adalah mempertahankan dukungan masyarakat di tengah kemungkinan pemotongan subsidi pemerintah yang saat ini memberikan sedikit bantuan bagi warga Argentina yang rentan, khususnya 45% dari penduduk yang hidup dalam kemiskinan.

Serikat pekerja yang kuat dan gerakan sosial sudah berjanji untuk menolak kampanye penghematan yang dilakukannya, meskipun Milei telah berjanji pemangkasan pengeluaran tidak akan memengaruhi masyarakat miskin. Rencana pemangkasan anggaran sebelumnya di Argentina menyebabkan lonjakan inflasi saat harga transportasi dan utilitas melonjak ketika subsidi dihapuskan.

Milei telah membedakan dirinya dari presiden Argentina sebelumnya dengan mengambil jalan yang tidak konvensional menuju kepresidenan. 

Sebagai seorang ekonom perusahaan sebagian besar hidupnya, Milei menjadi selebriti TV pada tahun 2018, muncul dalam acara debat dan segmen baku tembak. Dia mendapat sorotan nasional dengan retorika yang penuh kemarahan dan pesan yang tidak pantas melawan kelas politik yang sudah mapan. Dia hanya menjabat satu periode sebagai wakil kongres sebelum terpilih menjadi presiden.

Gaya lugas yang dikembangkan dalam debat-debat tersebut juga terlihat dalam pidato pelantikannya. 

"Saya lebih suka memberi Anda kebenaran yang tidak nyaman daripada kebohongan yang menenangkan," kata dia kepada pendengarnya. "Ini akan sulit, tetapi kita akan berhasil."

(bbn)

No more pages