Logo Bloomberg Technoz

Dirut Vale (INCO) Bukan dari MIND ID, Menteri ESDM Bilang Begini

Sultan Ibnu Affan
08 December 2023 17:20

Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Dok. ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Dok. ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mensinyalir Indonesia, yang diwakili holding BUMN tambang PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), tidak perlu terburu-buru untuk menjadi pengendali PT Vale Indonesia Tbk (INCO), usai divestasi saham 14%.

Hal itu disampaikan Arifin menanggapi hasil  rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) INCO yang digelar Rabu (6/11/2023). Di luar dugaan, rapat tersebut memutuskan untuk mengurangi hanya satu personel di jajaran direksi perusahaan dan tidak mengubah komposisi lainnya.

"Kalau company kan gitu, perlunya kapan [untuk ganti direksi] baru ya. Korporasi kan harus gitu, memangnya wah [setelah divestasi dan pegang saham mayoritas, harus] buru-buru gerak harus ganti [direksi]?," ujar Arifin di kantornya, Jumat (8/12/2023).

Setelah divestasi tersebut, MIND ID memang berpotensi mendapatkan posisi strategis dalam struktural manajemen Vale Indonesia. Arifin sebelumnya yakin setidaknya perwakilan dari holding BUMN pertambangan akan menduduki kursi direktur utama di Vale.

"Prinsipnya direktur utamanya nanti [dan] komisaris utamanya itu dari pemenang [pemegang saham terbanyak] kan. [Sekarang] yang paling gede siapa [porsi sahamnya]?" tidak lama sebelum RUPSLB INCO.