Logo Bloomberg Technoz

Vale (INCO) Akan RUPSLB Ganti Direksi, MIND ID Pastikan Hadir

Sultan Ibnu Affan
05 December 2023 15:50

PT Vale Indonesia Tbk (Sumber Website Perusahaan)
PT Vale Indonesia Tbk (Sumber Website Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Holding badan usaha miliki negara (BUMN) sektor pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), memastikan bakal menghadiri rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) PT Vale Indonesia Tbk esok, Rabu (6/12/2023), untuk agenda pergantian dewan direksi perusahaan berkode saham INCO itu. 

Sebagai perseroan yang saat ini diisyaratkan bakal menjadi pengendali Vale mewakili Pemerintah Indonesia —setelah proses divestasi saham 14% usai — MIND ID pun disebut bakal menempatkan perwakilannya di jajaran direksi INCO, yang saat ini di pimpin oleh Febriany Eddy.

"MIND ID akan hadir dalam RUPS Vale karena merupakan pemegang saham," ujar Corpotate Secretary MIND ID Hery Yusuf saat dimintai konfirmasi, Selasa (5/12/2023).

Adapun, setelah divestasi saham INCO sebesar 14%, MIND ID memang akan menjadi pemegang saham terbanyak Vale Indonesia dengan porsi 34% dari sebelumnya 20%. Namun, kepemilikan Vale Canada Ltd (VCL) terhadap saham INCO juga ternyata akan sebesar 33,9% atau hanya selisih 0,1% dari MIND ID.

Sementara itu, kepemilikan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM) makin menciut menjadi 11,5% dari sebelumnya 15,03%.