Logo Bloomberg Technoz

Menuju Pencairan PMN Rp6 T untuk Wijaya Karya (WIKA)

Mis Fransiska Dewi
07 December 2023 10:20

Gedung perkantoran Wijaya Karya atau WIKA (dok perusahaan)
Gedung perkantoran Wijaya Karya atau WIKA (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) semakin mendekati pencairan. Ini ditandai dengan dimulainya persiapan BUMN Karya ini untuk menghelat rights issue.

Berdasarkan keterbukaan informasi, dikutip Kamis (7/12/2023), Wijaya Karya (WIKA) mengumumkan rencana rights issue dengan menerbitkan 92,23 miliar saham. Nilai nominal saham seri B yang diterbitkan ini sebesar Rp100/saham.

"Penambahan modal dengan HMETD tersebut akan dilakukan secara Tunai. Jumlah saham seri B yang akan diterbitkan akan disesuaikan dengan keperluan dana Perseroan," ujar Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya (WIKA), Mahendra Vijaya.

Sesuai dengan penjelasan Pasal 23 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2023 tentang APBN tahun 2024 Jo lampiran VII Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2023 tentang Rincian APBN tahun Anggaran 2024, Wijaya Karya (WIKA) disetujui untuk mendapatkan PMN sebesar Rp 6 triliun dengan target pencairan dilakukan paling lambat pada Kuartal-I Tahun Anggaran 2024.

Rights issue dan PMN menjadi satu kesatuan dalam aksi korporasi yang sejatinya merupakan bagian dari restrukturisasi Wijaya Karya (WIKA). Pada saat yang bersamaan, PMN menjadi alat untuk mempertahankan porsi kepemilikan saham pemerintah di Wijaya Karya (WIKA).