Logo Bloomberg Technoz

BPK: Dari Semua K/L, Hanya Kominfo yang Tak Dapat Opini WTP

Mis Fransiska Dewi
05 December 2023 13:38

Menteri Komunikasi dan Informatika non aktif Johnny G Plate (Dok. Kementerian Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika non aktif Johnny G Plate (Dok. Kementerian Kominfo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan hasil pemeriksaan hampir seluruh laporan keuangan kementerian negara/lembaga 2022 memperoleh opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP), kecuali Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang memperoleh opini Wajar dengan Pengecualian (WDP).

Hal itu disampaikan Ketua BPK Isma Yatun saat melakukan penyerahan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2023 kepada DPR RI di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Isma menjelaskan IHPS I 2023 memuat 134 hasil pemeriksaan atas laporan keuangan 2022 pada pemerintah pusat, di antaranya adalah 81 laporan keuangan kementerian negara/lembaga dengan 80 opini WTP dan 1 WDP, serta 1 Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) dengan opini WTP. 

"Satu kementerian yang memperoleh opini WDP adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait permasalahan aset peralatan mesin senilai Rp3,8 triiun dan konstruksi dalam pengerjaan senilai Rp1,9 triliun terkait Based Tranceiver Station (BTS) yang tidak dapat diyakini," papar Isma dalam pidato saat penyerahan IHPS I 2023.

Seperti diketahui, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan infrastruktur BTS 4G. Plate ditahan setelah melalui proses investigasi terhadap dugaan korupsinya pada proyek tersebut. Pria asal Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut menjalani penahanan di Rutan Salemba.