Logo Bloomberg Technoz

Menkeu Bertemu Petinggi Citigroup Bahas Transisi Energi

Redaksi
05 December 2023 07:30

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengadakan pertemuan bilateral dengan petinggi Citigroup pada hari pertama kunjungan kerja di sela Konferensi Tingkat Tinggi COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Petinggi Citigroup yang dimaksud antara lain, Julie Monaco yang merupakan Managing Director, Global Head, Public Sector Banking Citi dan Stephanie von Friedeburg sebagai Managing Director, Banking, and Capital Markets Advisory Citi.

COP28 merupakan pertemuan iklim tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), di mana para pejabat negara anggota mendiskusikan bagaimana strategi membatasi dan mempersiapkan diri untuk perubahan iklim di masa depan.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani membahas berbagai inovasi instrumen pembiayaan di bidang transisi energi. Selain itu, Bendahara Negara juga menelisik sejumlah potensi-potensi kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Citi Group terkait beberapa hal, yakni dukungan Citi terhadap Energy Transition Mechanism (ETM), Just Energy Transition Partnership (JETP), serta proses transisi rendah karbon Indonesia.

Sri Mulyani menjelaskan, berbicara mengenai perubahan iklim, tidak akan selesai dengan upaya dari pemerintah saja. Perlu kerja sama yang apik dengan sektor swasta juga. Kerja sama ini pun datang dalam ragam bentuk.