Logo Bloomberg Technoz

Atqo mengatakan wilayah DKI Jakarta memang paling minim dalam usaha pertanian. Ia mengatakan tantangan yang dihadapi berasal dari umur petani yang sudah memasuki usia di atas 44 tahun.

Sektor penyumbang rumah tangga usaha pertanian (RTUP) yang menjadi penyumbang rumah tangga miskin tertinggi.

Hasil Sensus Pertanian menunjukkan bahwa RTUP di Indonesia memiliki kepala rumah tangga dengan rentang umur 45–54 tahun (27,51%). Sekitar 67,86% RTUP di Indonesia memiliki kepala rumah tangga dengan umur 45 tahun ke atas sedangkan sisanya yaitu sekitar 32,14% memiliki kepala rumah tangga dengan umur di bawah 45 tahun.

Jumlah RTUP berdasarkan hasil sensus mencakup tujuh subsektor, yaitu tanaman pangan, hortkultura, perkebunan, peternakan,  perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian.

Hasil sensus menunjukan terjadi penurunan jumlah RTUP di seluruh subsektor dibandingkan dengan hasil sensus 2013. Penurunan terbesar ialah subsektor kehutanan, yaitu berkurang 3,31 juta rumah tangga, kemudian subsektor tanaman pangan yang berkurang 2,18 juta rumah tangga, dan subsektor perkebunan yang berkurang 1,89 juta rumah tangga.

(dec/lav)

No more pages