Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Peraturan Deforestasi UE Rugikan Petani Kecil

Dovana Hasiana
03 December 2023 18:00

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Norwegia Jonas Gahr Støre. (Sumber: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Norwegia Jonas Gahr Støre. (Sumber: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, Peraturan Deforestasi Uni Eropa bersifat diskriminatif dan berdampak besar terhadap 16 juta orang yang sebagian besar petani kecil.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Støre di sela-sela kegiatan World Climate Action Summit (WCAS) COP28 yang digelar di Ruang Bilateral, Expo City Dubai, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), Jumat (12/11/2023). 

Dalam pertemuan tersebut, kedua Kepala Negara membahas sejumlah isu diantaranya kerja sama lingkungan hidup antara Indonesia dan Norwegia

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia telah berhasil menurunkan emisi melalui penurunan deforestasi dan degradasi hutan yang telah diakui secara global. Namun, Presiden Joko Widodo juga menyayangkan adanya keraguan beberapa pihak di Eropa terhadap komitmen Indonesia dalam pelestarian hutan dan lingkungan hidup.

“Saya berharap Norwegia dapat memberikan pandangan yang berimbang, khususnya terkait Peraturan Deforestasi Uni Eropa yang bersifat diskriminatif dan berdampak besar terhadap 16 juta orang yang sebagian besar adalah petani kecil,” ujar Presiden dalam siaran pers.