Logo Bloomberg Technoz

COP28: Jokowi Rayu Negara Lain Investasi Rp15 Kuadriliun demi NZE

Mis Fransiska Dewi
02 December 2023 14:00

Presiden Joko Widodo di KTT COP29, Dubai, Uni Emirat Arab
Presiden Joko Widodo di KTT COP29, Dubai, Uni Emirat Arab

Bloomberg Technoz, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta sejumlah pihak seperti mitra bilateral, investasi swasta, filantropi, dan negara sahabat untuk menjalin kolaborasi pendanaan dalam mewujudkan nol karbon emisi atau net zero emission (NZE) di Indonesia pada 2060 atau lebih cepat.

Jokowi menyebut Indonesia butuh sokongan investasi lebih dari US$1 triliun (Rp15,48 kuadriliun asumsi kurs saat ini) untuk mewujudkan target tersebut.

“Kami juga telah mempunyai platform pembiayaan inovatif yang kredibel karbon mekanisme transisi energi sukuk dan obligasi hijau, pengelolaan dana lingkungan hidup dari result-based payment, bank-bank pembangunan dunia, Multilateral Development Banks [MDBs] harus meningkatkan kapasitas pendanaan transisi energi dengan bunga rendah,” kata Jokowi dalam Forum KTT Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim (COP Ke-28) di Dubai Uni Emirat Arab dikutip dari keterangan resmi,  Sabtu (2/12/2023).

“Target Paris Agreement dan NZE hanya bisa dicapai jika kita bisa menuntaskan masalah pendanaan transisi energi ini. Dari situlah masalah dunia bisa diselesaikan.”

Jokowi menambahkan, posisi Indonesia untuk mengurangi perubahan iklim sudah jelas yakni membangun Indonesia yang resilient prosperous sustainable dan ekonomi inklusif.