Logo Bloomberg Technoz

Ditopang Smelter di JIIPE, AKRA Bidik Pertumbuhan Dua Digit 2024

Sultan Ibnu Affan
28 November 2023 19:50

Segmen usaha AKR Korporindo (AKRA) retail distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM). (Dok Akr.co.id)
Segmen usaha AKR Korporindo (AKRA) retail distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM). (Dok Akr.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Emiten logistik bahan bakar minyak (BBM) dan kimia dasar, PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA), optimistis kinerja perseroan pada 2024 akan tumbuh 'double digit', sejalan dengan adanya  Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) atau kawasan Industri khusus (KIK) di Gresik, Jawa Timur.

Direktur sekaligus Corporate Secretary AKRA Suresh Vembu mengatakan hal itu disebabkan lantaran megaproyek tersebut nanti bakal memberikan peluang penyerapan lini bisnis perseroan yang bergerak di bidang kimia dasar, distribusi BBM, hingga pengoperasian pelabuhan.

"Dengan proyek JIIPE, kita lihat banyak prospek untuk penjualan," ujar Suresh dalam paparan publik secara daring, Selasa (28/11/2023).

Suresh mengatakan proyek JIIPE Gresik itu juga dapat memberikan peluang penjualan lahan yang lebih besar. Terlebih, ada beberapa industri raksasa yang juga sedang membangun pabrik di sana, seperti PT Freeport Indonesia (PTFI), yang membuat smelter katoda tembaga single aisle terbesar di dunia, dan pabrik kaca miliki Xinyi Glass.

"Mereka akan mulai operasi nanti. Kita lihat prospeknya untuk 2024, yakin bisa growth double digit."