Logo Bloomberg Technoz

Dalam acara peresmian antara lain hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Bupati Demak Eisti’anah.

Jokowo melanjutkan, dengan tersambungnya antarkawasan mulai dari kawasan industri, pertanian, perkebunan, hingga pariwisata akan mendorong efisiensi sekaligus meningkatkan daya saing Indonesia. Tol kata dia jelas akan memberikan kecepatan.

Acara peresmian jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak diakhiri dengan Presiden Jokowi kemudian menekan tombol sirene.

Warga Protes Ganti Rugi ke Jokowi

Sejumlah warga membentangkan spanduk di sela-sela peresmian Tol Semarang-Demak oleh Presiden Jokowi. Warga protes perihal pencairan ganti rugi lahan mereka. Perwakilan warga akhirnya ditemui Presiden Jokowi.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menerangkan, pemerintah akan segera menuntaskan protes dari warga tersebut dalam minggu ini.

“Presiden memerintahkan kepada saya dan Bapak Mensesneg untuk segera diselesaikan masalah ini. Jangan sampai masyarakat rugi menunggu. Minggu ini saya kira sudah selesai. Tadi Kepala BPN juga sudah saya panggil untuk mensupervisi, mendampingi ke pengadilan kemudian uang segera diserahkan,” kata Hadi.

Perwakilan masyarakat, Fathoni, mengucapkan terima kasih permasalahan ini telah menemukan titik terang. “Dengan rawuh-nya (kedatangan) bapak Presiden, ini menjadi solusi buat kami. Tadi bapak Presiden sudah menjanjikan insyaallah selesai, tidak ada masalah,” kata dia.

(ezr/wep)

No more pages