Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Tol Semarang-Demak Seksi II

Ezra Sihite
25 February 2023 17:22

Presiden Jokowi resmikan Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi Sayung-Demak (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi resmikan Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi Sayung-Demak (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak. Peresmian dilakukan di gerbang Tol Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah pada Sabtu (25/2/2023).

Pembangunan jalan tol ini menghabiskan biaya Rp 5,9 triliun dan dibangun untuk mempercepat transportasi logistik sekaligus sebagai tanggul laut. Hal ini diperlukan untuk mencegah terjadinya banjir rob yakni banjir akibat air pasang yang kerap terjadi di Semarang tersebut.

"Rob yang ke depan menurut saya akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi masuk ke daratan karena perubahan iklim, itu sedikit bisa kita cegah dengan fungsi jalan tol sekaligus tanggul laut dari jalan yang telah dibangun ini," ujar Presiden Jokowi dalam acara peresmian di Semarang, sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Jalan tol tersebut memiliki panjang 16,01 kilometer. Jokowi meminta agar jalan tol baru ini juga disambungkan dengan sentra-sentra produksid dan industri sehingga bisa membantu jalur distribusi ekonomi.

"Saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa seluruh jalan tol yang telah selesai di Tanah Air, agar gubernur, bupati, wali kota segera menyambungkan, mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan produksi yang ada di wilayahnya masing-masing," ujarnya.