Logo Bloomberg Technoz

OCBC NISP Akuisisi Bank 'Rugi', Begini Kinerja Bank Commonwealth

Muhammad Julian Fadli
16 November 2023 20:20

Ilustrasi Commonwealth Bank. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Commonwealth Bank. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Akuisisi unit usaha Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Indonesia atau PT Bank Commonwealth dikabarkan akan terjadi dalam waktu dekat oleh PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) atau OCBC Indonesia, pengumuman kesepakatan tersebut tertuang dalam keterbukaan informasi hari ini, Kamis (16/11/2023). 

Diketahui, OCBC akuisisi PT Bank Commonwealth dengan nilai mencapai A$220 juta atau setara dengan Rp2,22 triliun. Walau demikian, nilai ini masih akan bergantung pada penyesuaian yang wajar sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam perjanjian.

Adapun penjualan unit usaha ini sejalan dengan strategi CBA untuk fokus pada lini bisnis perbankan di Australia dan New Zealand. Selanjutnya, CBA berharap dapat bekerja sama dengan OCBC Indonesia dalam beberapa bulan mendatang mengenai transisi kepemilikan secara penuh.

Penutupan Saham NISP pada Kamis (16/11/2023) (Bloomberg)

Dalam keterangannya, Bank OCBC NISP Indonesia memaparkan, setelah penyelesaian rencana transaksi terjadi, Perusahaan akan secara langsung menggenggam 99,00% saham Bank Commonwealth di Indonesia (PT Bank Commonwealth), dan oleh karena hal tersebut, PT Bank Commonwealth akan menjadi anak perusahaan terkendali di bawah Bank OCBC NISP Indonesia, yang mana selanjutnya akan digabungkan ke dalam unit usaha Perusahaan.

Mencermati lebih lanjut terkait aksi korporasi tersebut, PT Bank Commonwealth ternyata masih mencetak kinerja rugi bersih di sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2023, bahkan kerugian ini membengkak dibandingkan kinerja tahun lalu.

Kinerja PT Bank Commonwealth