Logo Bloomberg Technoz

OCBC Indonesia (NISP) Akuisisi Bank Commonwealth Rp2,22 T

Mis Fransiska Dewi
16 November 2023 10:15

Ilustrasi Commonwealth Bank. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Commonwealth Bank. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Commonwealth Bank of Australia (CBA) akan menjual 99% kepemilikannya di PT Bank Commonwealth di Indonesia ke PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) atau OCBC Indonesia. Dengan kata lain, OCBC akuisisi Commonwealth, dan pengumuman kesepakatan jual belinya dilakukan hari ini, Kamis (16/11/2023). 

Nilai transaksi akuisisi itu sebesar A$220 juta atau setara sekitar Rp2,22 triliun. Namun, nilai ini masih akan bergantung pada penyesuaian yang wajar sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam perjanjian.

"Penyelesaian transaksi akan tunduk pada sejumlah persyaratan, termasuk persetujuan peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Monetary Authority of Singapore. Transaksi ditargtetkan rampung pada pada kuartal kedua atau ketiga tahun 2024," seperti dikutip dari keterangan resmi CBA, Kamis (16/11/2023).

Commonwealth Bank Australia telah berkontribusi pada pertumbuhan Bank Commonwealth sejak 1997. Penjualan ini sejalan dengan strategi CBA untuk fokus pada bisnis perbankan di Australia dan New Zealand.

CBA berharap dapat bekerja sama dengan OCBC Indonesia dalam beberapa bulan mendatang mengenai transisi kepemilikan.