Logo Bloomberg Technoz

OCBC Indonesia - Commonwealth Lebur Perkuat Segmen Retail dan UKM

Lavinda
16 November 2023 11:45

Bank OCBC NISP. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Bank OCBC NISP. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank OCBC NISP Tbk mengakuisisi 99% saham PT Bank Commonwealth dari pemiliknya, Commonwealth Bank of australia senilai A$220 juta atau setara Rp 2,22 triliun. Rencana akuisisi akan memperkuat posisi pasar OCBC NISP di segmen konsumen dan usaha kecil menengah (UKM). 

Aksi korporasi itu disahkan melalui penandatanganan perjanjian jual beli antara OCBC NISP dan Commonwealth Bank of Australia pada Kamis (16/11/2023) hari ini. Selanjutnya, OCBC akan mengakuisisi sisa 1% saham Commonwealth dari pemegang saham lain untuk memiliki bank sepenuhnya.

Rencana akuisisi ini akan memerlukan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan pemenuhan kondisi lainnya. Setelah akuisisi selesai, Commonwealth akan diintegrasikan ke dalam OCBC NISP.

Presiden Direktur OCBC NISP Parwati Surjaudaja menyatakan Rencana akuisisi ini akan meningkatkan skala bisnis perusahaan. Commonwealth memiliki basis klien yang menarik dan komplementer pada segmen retail nasabah konsumen dan UKM.

“Rencana akusisi ditujukan untuk memperkuat dan melengkapi kapabilitas OCBC NISP dalam memberikan layanan keuangan yang komprehensif baik untuk segmen konsumen dan UMKM,” ujar Parwati dalam keterangan tertulis, Kamis (16/11/2023).