Logo Bloomberg Technoz

OJK Dukung BTN Akuisisi Bank Muamalat: Persaingan Jadi Sehat

Rosmayanti
16 November 2023 12:49

Ilustrasi Bank Muamalat. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bank Muamalat. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa keuangan (OJK) mendukung rencana PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengakuisisi PT Bank Muamalat. Konsolidasi ini dinilai mampu menciptakan persaingan yang sehat di antara industri perbankan syariah Tanah Air.

"Saya hanya menyampaikan harapan kalau (konsolidasi) itu terjadi kan baik, dalam rangka konsolidasi perbankan syariah yang menjadi rencana OJK," ujar Kepala Eksekutif pengawas perbankan OJK Dian Ediana Rae kepada BloombergTechnoz, dikutip Kamis (16/11/2023).

Kendati demikian, dia mengaku belum menerima proposal resmi terkait rencana akuisisi dari BTN ke OJK. Maka itu, dia belum dapat memastikan bahwa aksi korporasi ini akan benar-benar berlangsung atau dia. Dian hanya meminta para pemangku kepentingan untuk menunggu perkembangan aksi korporasi ini.

"Pembicaraan para pihak kan tidak bisa ditasirkan sudah terjadi kesepakatan. Kita tunggu dulu apakah memang pembicaraan dilanjutkan atau tidak, atau apakah pembicaraan terjadi atau tidak. Jadi belum pasti sama sekali," kata Dian.

Sebelumnya, Manajemen BTN menyampaikan perseroan sedang menyiapkan opsi untuk melakukan pemisahan atau spin off Unit Usaha Syariah (UUS). Proses spin off UUS menjadi Bank Umum Syariah (BUS) terus berjalan dengan mengkaji opsi yang paling efisien, mudah dan cepat dilaksanakan.