Logo Bloomberg Technoz

OJK Ungkap Alasan Merger Nobu & MNC Bank Tak Kunjung Rampung

Dovana Hasiana
15 November 2023 10:40

Kolase foto Bank Nobu dan Bank MNC. (Dok Bank Nobu dan Bank MNC)
Kolase foto Bank Nobu dan Bank MNC. (Dok Bank Nobu dan Bank MNC)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan alasan penggabungan usaha atau merger antara PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) dan PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) tak kunjung rampung.

Menurutnya, kedua bank memiliki arah bisnis yang berbeda. Penyelarasan ini yang membutuhkan waktu.

“Yang saya dengar itu terkait masalah fokus bisnis kemana karena mereka agak sedikit berbeda, masalah kepemilikan saham dan lain lain masih dalam konteks pembicaraan,” ujar Dian saat ditemui usai agenda The Finance Executive Forum di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, belum lama ini. 

Dian tidak bisa memastikan perihal kapan proses merger ini akan selesai. Sebab, para ahli keuangan dan pengacara (lawyer) dari masing-masing pihak tengah membahas proses merger ini secara lengkap. Namun dirinya berharap proses merger tersebut dapat diselesaikan secepat mungkin. 

Ketika ditanya perihal kabar NOBU yang akan diakuisisi oleh investor asing, Dian menjawab, tidak mengetahui dan mendengar hal tersebut. Bila memang terdapat rencana tersebut, prosesnya dipastikan akan terjadi setelah merger.