Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Vaksin Covid-19 Tak Menentu, Pfizer PHK 500 Karyawan

Redaksi
16 November 2023 12:00

Perusahaan farmasi dan vaksi Pfizer. (Dok: Bloomberg)
Perusahaan farmasi dan vaksi Pfizer. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan farmasi Pfizer memangkas 500 karyawan, sebagai bentuk pemangkasan biaya operasi. PHK juga menjadi bagian mengantisipasi ketidakpastian penjualan vaksin Covid-19, Comirnaty juga antivirus Paxlovid di periode mendatang.

Berdasarkan keterangan juru bicara, Pfizer sebagai perusahaan global harus melakukan perubahan demi terciptanya operasi yang efektif dan efisien. Keputusan PHK membuat penghematan biaya tahunan sekitar US$3,5 miliar (sekitar Rp55 triliun) pada akhir tahun 2024.

Rencana PHK 500 karyawan berdampak pada penghentian pabrik untuk Pharmaceutical Sciences Small Molecule (PSSM) di Sandwich, Kent, Inggris, dilansir dari Fiercepharma, menurut juru bicara perusahaan.

Pabrik di Sandwich tetap beroperasi namun menjalankan fungsi lainnya dengan ukurang yang berbeda. Pabrik ini diketahui mempekerjaan 940 karyawan, seperti disampaikan juru bicara Pfizer dalam pernyataannya melalui email ke Fiercepharma.

Pabrik Sandwich merupakan wujud dari investasi 10 juta poundsterling untuk teknologi manufaktur canggih. Investasi kala itu diputus untuk mempercepat pengembangan obat Covid-19. Di Pabrik yang sama jadi lokasi ilmuwan Pfizer menemukan Viagra, dilansir media lokal Kent Online.