Logo Bloomberg Technoz

ISU EMISI KARBON

Proyek CCUS Raksasa Migas Global Dianggap ‘Delusi Berbahaya’

News
16 November 2023 08:15

Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)
Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)

Alastair Marsh - Bloomberg News

Bloomberg, Para petinggi raksasa minyak global yang berjanji mencapai tujuan nol emisi dengan mengandalkan teknologi penangkap karbon (CCS/CCUS) dinilai delusional dan menipu diri sendiri oleh sekelompok eksekutif perusahaan, bankir, dan akademisi berpengaruh.

Komisi Transisi Energi atau The Energy Transitions Commission (ETC) – yang anggotanya mencakup perwakilan senior dari BP Plc dan Bank of America Corp – mengatakan peran penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilization and storage  (CCUS) dalam mengurangi emisi akan “penting, tetapi terbatas.”

Perusahaan padat karbon mana pun – termasuk dari sektor migas – yang berasumsi bahwa CCUS adalah solusi untuk bisa terus memperluas produksi, sekaligus membatasi peningkatan suhu global, mendasarkan model bisnisnya pada “delusi yang berbahaya,” kata ETC dalam sebuah laporan pada Kamis (16/11/2023).

Pernyataan ini muncul hanya dua pekan sebelum perundingan iklim COP28 dimulai di Dubai. KTT tersebut akan dipimpin oleh bos Abu Dhabi National Oil Co, yang sebelumnya mengeklaim perusahaannya dapat meningkatkan produksi dan mengurangi emisi pada saat yang sama dengan berinvestasi pada teknologi penangkapan karbon.