Logo Bloomberg Technoz

RI Gaet 2 Raksasa Migas AS Garap Proyek Karbon Jawa & Kalimantan

Sultan Ibnu Affan
14 November 2023 12:25

Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)
Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta –  Indonesia menggandeng dua raksasa migas Amerika Serikat – Chevron dan ExxonMobil – untuk mengukuhkan kerja sama investasi penangkapan, penyimpanan, dan utilisasi karbon (CCS/CCUS) dengan PT Pertamina (Persero).

Kerja sama itu ditandatangani di sela pertemuan bilateral AS-Indonesia  di Washington DC, Senin  (13/11/2023).

Perjanjian itu meliputi amandemen pokok-pokok perjanjian atau heads of agreement (HoA) yang memungkinkan kemajuan lebih lanjut terhadap proyek CCS Hub oleh Pertamina dengan ExxonMobil; serta nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Indonesia dan ExxonMobil.

Selain itu, ada juga penandatanganan tiga perjanjian kerahasiaan atau confidentiality agreement CCS/CCUSS antara 3 anak usaha Pertamina di sektor hulu, yakni; PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga, dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur.

“Perjanjian ini membuktikan semua perangkat di Indonesia, khususnya dari sisi pemerintah, telah siap memanfaatkan potensi CCS Indonesia untuk kemajuan industri rendah karbon, peningkatan investasi, dan pembukaan lapangan kerja baru untuk masyarakat Indonesia," Ujar Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Jodi Mahardi dalam pernyataan resmi, Selasa (14/11/2023).