Logo Bloomberg Technoz

RI Ngotot Tak Mau Tinggalkan Energi Fosil demi Target Nol Emisi

Sultan Ibnu Affan
15 November 2023 12:00

Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)
Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menegaskan Indonesia tidak akan meninggalkan energi fosil kendati telah memasuki era transisi energi menuju emisi nol bersih atau net zero emission (NZE), yang ditarget tercapai pada 2060 atau lebih cepat.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM Mirza Mahendra menegaskan energi fosil – termasuk gas bumi – masih dibutuhkan Indonesia untuk ketahanan energi, dengan menimbang ketersediaan, aksesibilitas, dan keterjangkauannya.

"Kementerian ESDM akan tetap menggunakan energi fosil sebagai sumber energi sementara, selama masa transisi menuju NZE di Indonesia. Kita tidak hanya membahas lingkungan, tetapi kita juga perlu mempertimbangkan ketersediaan, aksesibilitas, dan keterjangkauan," ujarnya melalui keterangan resmi kementerian, Rabu (15/11/2023).

Dia pun tidak menampik minyak dan gas bumi, serta batu bara, masih akan menjadi sumber energi tulang punggung di Indonesia yang belum bisa digantikan oleh bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Namun, lanjutnya, gas bumi yang relatif lebih rendah emisi dibandingkan dengan minyak atau batu bara dapat dioptimalkan untuk transisi energi sebelum Indonesia beralih 100% menggunakan energi terbarukan di sektor transportasi dan pembangkit listrik.