Logo Bloomberg Technoz

Harga BBM Anggota OKI: Di Iran Cuma Rp200-an, Indonesia Termahal?

Sultan Ibnu Affan
15 November 2023 10:10

Seorang pekerja mengisi bahan bakar sepeda motor di sebuah pompa bensin di Karachi, Pakistan, Kamis (30/6/2023). (Asim Hafeez/Bloomberg)
Seorang pekerja mengisi bahan bakar sepeda motor di sebuah pompa bensin di Karachi, Pakistan, Kamis (30/6/2023). (Asim Hafeez/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Negara-negara muslim yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah mengambil berbagai langkah untuk Israel, menyusul peperangannya melawan kelompok Hamas sejak bulan lalu.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI yang digelar akhir pekan lalu, Presiden Iran – salah satu anggota OKI – mengusulkan agar negara-negara Islam melakukan embargo minyak ke Israel.

Usulan tersebut ditujukan sebagai upaya untuk menghentikan agresi Israel di Jalur Gaza, Palestina, yang setidaknya telah memakan korban jiwa hingga lebih dari 11.000 orang.

Namun, dari total 57 anggota negara OKI, terdapat 6 negara yang menolak usulan tersebut. Mereka adalah Arab Saudi, Yordania, Mesir, Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Bagaimanapun, seruan embargo tersebut dinilai tidak akan memengaruhi pasokan minyak Israel. Pasar minyak yang bersifat global memungkinkan Israel memiliki banyak ruang untuk mengatasi tindakan tersebut.

Sampel pengeboran rig di lokasi penambangan Khnaiguiyah, Arab Saudi pada 10 Juli. (Fotografer: Tasneem Alsultan/Bloomberg)